Sabtu, 25 Juli 2020

berbagai Jenis Pondasi



1.Pondasi Rumah pelat Beton Lajur

Jenis pondasi rumah pelat beton lajur digunakan bila luas penampang yang menggunakan pondasi pelat setempat terlalu besar. Maka dari itu penampang tersebut dibagi dengan cara memanjangkan lajur agar tidak terlalu melebar.

Sama dengan jenis pondasi rumah tapak, jenis pondasi rumah ini relatif murah. Penggunaannya pada bangunan bertingkat lebih handal dibanding pondasi rumah jenis batu belah, baik sebagai penopang beban vertikal maupun horizontal, misalnya gempa bumi, angin, atau ledakan.

2. Pondasi Tapak
Jenis pondasi rumah ini terbuat dari beton bertulang dan letaknya tepat berada di bawah kolom. Tiang dan kedalaman pondasi yang sampai pada tanah keras dan yang cocok untuk bangunan tinggi dan berdiri di tanah yang lembek adalah jenis pondasi rumah tapak.

Kelebihan jenis pondasi rumah tapak adalah harganya yang jauh lebih murah dari sisi harga, galian tanah yang dilakukan lebih sedikit (hanya pada kolom struktur saja), dan untuk bangunan bertingkat, jenis pondasi rumah ini lebih unggul dari jenis pondasi rumah batu belah/kali.
3.Pondasi Rakit
Jenis pondasi rumah ini merupakan pondasi rumah yang menggunakan pengaplikasian pelat beton besar yang berperan sebagai pengantai permukaan dari satu atau lebih kolom dalam beberapa garis atau jalur dengan tanah.

Keunggulan dari jenis pondasi rumah rakit ini adalah dapat diterapkan pada kondisi tanah yang lunak atau pun pada bangunan yang memiliki jarak kolom yang sangat dekat dengan semua arah. Dengan demikian, jika menggunakan telapak, sisinya akan saling berhimpit satu sama lain.

UNTUK PENJELADAN LENGKAPNYA ADA DI SINI!
https://desaintapakrumah.blogspot.com/2020/07/jenis-jenis-pondasi-rumah.html?m=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar